Brasil menang 2-0 atas Inggris Raya

Inggris Raya memulai persiapan dengan kurang optimal. Dalam laga ujicoba menghadapi Brasil di Riverside Stadium, Jumat 20 Juli 2012 (Sabtu dini hari WIB), Inggris Raya dikalahkan Brasil 0-2. Gol kemenangan tim Samba dicetak oleh Sandro dan Neymar.

Kapten Britania Raya, Ryan Giggs, berkilah dengan mengatakan faktor kelelahan menjadi penyebab kekalahan timnya dari Brasil dalam laga uji coba, Jumat atau Sabtu (21/7/2012) dini hari WIB. Giggs sendiri yakin bila rekan-rekannya bisa menampilkan permainan terbaik saat perhelatan Olimpiade London 2012 bergulir, beberapa hari lagi.

Pada babak pertama, kedua tim memainkan susunan pemain terbaiknya. Britania Raya tampil dengan Micah Richards, Tom Cleverley, Ryan Giggs, Daniel Sturridge, dan Craig Bellamy sejak menit awal. Brasil tak kalah garang. Thiago Silva, Oscar, Sandro, Hulk, atau Neymar menjadi andalan Pelatih Mano Menezes.

Publik Britania Raya langsung terhenyak ketika laga baru berjalan 13 menit. Dari sebuah tendangan bebas, umpan Neymar sukses disambar Sandro tanpa bisa dihentikan Jason Steele. Keunggulan Brasil bertambah pada menit ke-35 melalui penalti Neymar. Penalti diberikan menyusul pelanggaran Richards terhadap Hulk di depan mulut gawang Britania Raya.

Pada babak kedua, Pelatih Stuart Pearce mencoba mengubah strategi dengan memasukkan beberapa pemain andalan lain seperti Aaron Ramsey atau Scott Sinclair. Sementara itu, Brasil ternyata masih menyimpan beberapa pemain terbaiknya yang baru masuk pada babak kedua, yakni Paulo “Ganso” Henrique, Lucas Moura, dan Alexandre Pato.

“Sulit mengharapkan 18 pemain dalam kondisi fit. Kalian tentu tidak ingin membunuh pemain dalam latihan. Namun, kami masih memiliki waktu enam hari sebelum bertemu Senegal. Dengan banyak pemain berbakat, kami yakin bisa lebih baik lagi. Aku bisa melihatnya saat latihan,” ungkap Gigg.

Menanggapi kekalahan tersebut, pelatih Inggris Raya Stuart Pearce menyebut timnya memang belum siap menghadapi Olimpiade. Namun dia yakin timnya akan membaik dalam laga selanjutnya.

“Saya pikir kami akan siap minggu depan. Mungkin ada sesi pelatihan empat atau lima kali antara sekarang hingga kami. Dan itu semua akan tergantung pada kami,” ujar Pearce.

Pearce lalu memuji lawannya Brasil. Menurutnya anak asuh Mano Menezes akan menjadi salah satu favorit di Olimpiade nanti.

“Kami bermain melawan tim yang luar biasa, Mereka akan menjadi salah satu tim yang harus dikalahkan jika Anda ingin juara,” ucapnya.

“Mereka tim yang sangat baik baik dalam hal kebugaran dan kerja sama. Kami memahami itu namun pemain kamu sudah mendapatkan hal positif,” lanjutnya.

Inggris Raya tergabung di grup A bersama Senegal, Uni Emirat Arab, dan Uruguay. Di laga perdana mereka akan menghadapi Uni Emirat Arab di Old Trafford, Kamis 26 Juli 2012.