Daftar Calon Pengganti Rahmad Darmawan

Setelah Rahmad Darmawan memutuskan mengundurkan diri dari jabatan pelatih Timnas U-23, mulai bermunculan nama-nama pengganti pelatih yang akrab disapa RD itu.

Setidaknya ada tiga nama yang muncul dari mulut Penanggung Jawab Timnas Bernhard Limbong mengenai calon-calon suksesor RD. Ketiga nama tersebut adalah Aji Santoso, Widodo Cahyono Putra dan pelatih Semen Padang Nil Mizar.

“Sesegera setelah ini atau barangkali tepatnya setelah tahun baru kita akan mencari pengganti Rahmad. Minimal seimbang lah (kemampuannya). Beliau punya asisten Aji Santoso dan Widodo. Aji mumpuni dan Widodo juga mumpuni,” kata Limbong di kantor PSSI.

“Kalau mereka (Aji dan Widodo) naik kan tinggal tambah asisten saja. tehnik dan metode barangkali mereka sudah menyerap sebagian, walaupun tidak 100 persen. Diharapkan mereka melanjutkan program dulu, kalau pengganti defitinif, itu domain Komite Eksekutif, tapi bisa juga satu alternatif lain, pelatih Semen Padang (Nil Mizar),” ungkapnya.

Limbong menambahkan, sesuai dengan rapat para pelatih Senin (12/12/2011) di Kediaman Arifin Panigoro itu, PSSI membentuk sentra-sentra pembinaan di seluruh Indonesia. Setidaknya ada enam sentra pembinaan dan semua berkontribusi pada Timnas.

“Kalau untuk Timnas usia 23, harus pelatih lokal, dari negeri sendiri, agar pada saatnya nanti bisa menjadi pelatih senior,” cetusnya.

Rahmad Darmawan telah resmi mengundurkan diri sebagai pelatih Timnas U-23 setelah sebelumnya orang yang diutusnya, Eddy Syahputra menyampaikan surat pengajuan pengunduran diri tersebut ke kantor PSSI pada Selasa (13/12/2011).

RD sendiri melatih Timnas U-23 sejak Agustus lalu, gagal mempersembahkan medali emas di SEA Games 2011 November lalu menjadi alasan RD mengundurkan diri.