Neymar Terpilih Sebagai Pemain Terbaik Amerika Selatan

Striker Santos, Neymar, dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Amerika Selatan 2011. Sementara gelar Pelatih Terbaik diberikan kepada Oscar Tabarez. Neymar telah menyita perhatian publik sepakbola. Pemain muda Brasil itu pun terpilih sebagai pesepakbola Amerika Selatan terbaik 2011.

Penghargaan tahunan yang dikelola oleh harian Uruguay, El Pais, itu menempatkan Neymar di urutan teratas daftar pemain terbaik pesepakbola yang bermain di tanah Amerika Selatan. Ia mengungguli striker Chile, Eduardo Vargas, dari klub Universidad de Chile, di urutan kedua, dan rekannya di klub Santos, Paulo Henrique Ganso, di tempat ketiga.

Neymar dianggap memiliki permainan menawan sepanjang 2001. Puncaknya, dia menginspirasi kemenangan Santos atas Penarol di dinal Piala Libertadores, Juni lalu.

Neymar, yang membantu Santos mengalahkan Penarol di final Piala Libertadores bulan Juni lalu, mengumpulkan 130 suara. Vargas mendapatkan 70 suara usai membawa klubnya menjuarai Copa Sudamericana dan Liga Chile.

Di kategori pelatih, Oscar Tabarez kembali menjadi yang terbaik seperti halnya tahun lalu. Tahun ini ia memimpin timnas Uruguay menjuarai Copa America di bulan Juli, setelah tahun lalu mengantarkan negara tersebut menjadi semifinalis Piala Dunia di Afrika Selatan.

Pelatih terbaik nomor dua adalah Jorge Sampaoli dari Universidad de Chile.

Daftar pesepakbola terbaik Amerika Selatan sejak 2000:

2000 – Romario (Brasil/Vasco da Gama)

2001 – Juan Roman Riquelme (Argentina/Boca Juniors)

2002 – Jose Cardozo (Paraguay/Toluca)

2003 – Carlos Tevez (Argentina/Boca Juniors)

2004 – Carlos Tevez (Argentina/Boca Juniors)

2005 – Carlos Tevez (Argentina/Boca Juniors)

2006 – Matias Fernandez (Chile/Colo Colo)

2007 – Salvador Cabanas (Paraguay/America)

2008 – Juan Sebastian Veron (Argentina/Estudiantes)

2009 – Juan Sebastian Veron (Argentina/Estudiantes)

2010 – Andres D’Alessandro (Argentina/Internacional)

2011 – Neymar (Brasil/Santos)